Sektor transportasi dan pergudangan merupakan fondasi vital bagi dinamika ekonomi Kota Bandung. Meskipun sempat terdampak oleh pandemi global, sektor ini menunjukkan resiliensi luar biasa didorong oleh lonjakan permintaan layanan logistik dan pengiriman barang di dalam kota seiring berkembangnya ekonomi digital. Pemerintah Indonesia memproyeksikan sektor logistik sebagai salah satu pilar utama pertumbuhan ekonomi nasional untuk lima tahun ke depan, menjadikan Bandung sebagai pusat strategis untuk mendukung distribusi barang dan mobilitas masyarakat di Jawa Barat.
Total Armada Bus
Total Halte & Shelter
Terminal Penumpang Tipe C
Investasi PMA KCIC (2021)
PT. Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) | Mengembangkan proyek strategis Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Termasuk dalam tiga perusahaan dengan kontribusi Penanaman Modal Asing (PMA) terbesar di Kota Bandung pada tahun 2021 dengan nilai investasi mencapai Rp 807.258.559.843. |
---|---|
PT. Kereta Api Indonesia (KAI) | Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengoperasikan layanan kereta api dari dua stasiun utama di Bandung, yaitu Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong. |
PT. Jasa Marga | BUMN yang mengelola infrastruktur jalan tol di sekitar Kota Bandung, termasuk ruas Tol Purbaleunyi yang menjadi akses vital. |
Damri | Menyediakan layanan bus antarkota, termasuk rute penting dari Bandung ke Bandara Internasional BIJB Kertajati dengan interval keberangkatan setiap 2 jam. |
Trans Metro Bandung | Layanan bus rapid transit (BRT) yang dioperasikan oleh pemerintah kota untuk melayani mobilitas di dalam kota. |
Jaramba | Sebuah perusahaan rintisan (startup) di bidang teknologi transportasi dan pariwisata yang berdiri sejak tahun 2020 dan berencana melakukan implementasi pilot project di beberapa kota di Indonesia. |
NAMA | JUMLAH |
---|---|
Halte Bus Sekolah | 2 |
Shelter TMB | 1 |
Halte Angkum | 136 |
Halte Damri | 10 |
Halte Swasta | 2 |
TOTAL | 151 |
NO | JENIS BUS | PERUNTUKAN | JUMLAH | SATUAN |
---|---|---|---|---|
1 | Besar | Trans Metro Bandung | 13 | Unit |
Sekolah | 4 | Unit | ||
2 | Sedang | Trans Metro Bandung | 23 | Unit |
Bandros | 12 | Unit | ||
Sekolah | 1 | Unit | ||
Jumlah | 53 | Unit |
NO | NAMA TERMINAL | JUMLAH | SATUAN |
---|---|---|---|
1 | Terminal Tegalega | 1 | Unit |
2 | Terminal Dago | 1 | Unit |
3 | Terminal Riung Bandung | 1 | Unit |
4 | Terminal Antapani | 1 | Unit |
5 | Terminal Cibaduyut | 1 | Unit |
6 | Terminal Sadang Serang | 1 | Unit |
7 | Terminal Elang | 1 | Unit |
8 | Terminal Abdul Muis | 1 | Unit |
9 | Terminal Buah Batu | 1 | Unit |
10 | Terminal Sederhana | 1 | Unit |
11 | Terminal Ujungberung | 1 | Unit |
Jumlah | 11 | Unit |
NO | NAMA | JALAN | KETERANGAN |
---|---|---|---|
1 | Signage Angkot Stop | Jl. Sumbawa | Sebelah The Centrum |
2 | Signage Angkot Stop | Jl. Belitung No 4 | |
3 | Signage Angkot Stop | Jl. Lengkong Besar No 87 | |
4 | Signage Angkot Stop | Jl. Sariwangi | Sarimanis |
5 | Signage Angkot Stop | Jl. Surapati | Seberang Kanwil BKN |
6 | Signage Angkot Stop | Jl. Surapati | Balai Pertemuan ITB |
7 | Signage Bus Stop | Jl. Asia Afrika | Depan Bank Panin |
8 | Signage Angkot Bus Stop | Jl. Jakarta | Depan Kiara Artha Park |
9 | Signage Angkot Bus Stop | Jl. Lembong | Depan Plaza Telkom |
10 | Signage Angkot Bus Stop | Jl. Jakarta | Depan GOR Koni |
Peluang terbuka untuk revitalisasi dan modernisasi armada bus seperti Trans Metro Bandung, termasuk transisi ke kendaraan listrik (EV), serta pengembangan sistem tiket dan pelacakan cerdas.
Dengan pemain besar seperti JNE, TIKI, dan Pos Indonesia telah beroperasi, terdapat permintaan tinggi untuk fasilitas pergudangan modern, *fulfillment center*, dan solusi logistik *last-mile* untuk melayani pasar e-commerce yang terus tumbuh.
Keberadaan 32 stasiun *bike sharing* menjadi fondasi untuk investasi lebih lanjut dalam teknologi *micromobility*, aplikasi berbagi kendaraan, dan solusi parkir cerdas untuk mengurangi kemacetan di pusat kota.